Fakta Menarik Tentang Kota Solo

Fakta Tentang Kota Solo

Rental Mobil di solo

Surakarta memiliki semboyan yang menjadi slogan pemeliharaan kota indah, yaitu ‘Berseri’ yang berarti bersih, sehat, rapi, dan juga indah. Surakarta juga mengambil slogan periwisata sebagai upaya membuat citra Surakarta sebagai kebudayaan Jawa, yaitu ‘The Spirit of Java’ yang berarti jiwanya Jawa.

1. Termasuk Kota dengan Biaya Hidup Termurah

Surakarta atau Solo telah ditetapkan menjadi salah satu kota di Indonesia dengan biaya hidup termurah. Surakarta menjadi kota yang tidak banyak menekan pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari masyarakatnya, seperti untuk tempat tinggal, makanan, pakaian, pendidikan, hingga transportasi.

Maka itu, tidak heran bahwa Surakarta menjadi salah satu tujuan para perantau dari berbagai daerah untuk mengenyam pendidikan atau bekerja. Bahkan, kota ini juga beberapa kali mendapatkan penghargaan sebagai kota yang nyaman hingga layak huni untuk anak-anak, mahasiswa, hingga orang tua.

2. Asal-usul Dua Nama

Kota Surakarta ialah kota yang menyandang dua nama, yakni Surakarta dan Solo. Sejarah Kota Solo dimulai ketika Keraton Kartosuro mengalami kehancuran akibat serbuan dari pemberontak Kerajaan Mataram.

Raja Pakubuwana II saat itu tengah mencari lokasi baru untuk menjadi pusat pemerintahan dan memilih Sala. Namun, namanya diganti menjadi Surakarta Hadiningrat. Saat ini, nama Surakarta biasanya digunakan dalam situasi formal-pemerintahan, sedangkan nama Sala/Solo biasanya lebih merujuk pada penyebutan umum yang dilatarbelakangi oleh aspek kultural.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published.